3 Hal Yang Banyak Dikhawatirkan Saat Puasa



3 Hal Yang Banyak Dikhawatirkan Saat Puasa [ www.BlogApaAja.com ]

Puasa adalah menahan nafsu makan, minum,syahwat dan emosi mulai dari subuh hingga tergelincirnya matahari. Selama 13jam tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi. Sehingga dianjurkan saatsahur dan berbuka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin,protein, mineral, dan karbohidrat kompleks. Namun, meski demikian, ada tigakondisi tubuh yang dikhawatirkan banyak orang saat puasa loh, Ladies. Apa sajaitu?

1. Diabetes



Slogan yang seolah mengungkapkan bahwa makananyang manis saat puasa adalah perlu dan wajib agaknya berhasil bergaung demikianhebat. Sehingga, saat waktu berbuka tiba banyak sekali jajanan-jajanan manisyang diperjual-belikan. Bagi orang pengidap diabetes, mengkonsumsi makanan danminuman manis sangat perlu diatur mengingat jika gula darah tidak stabil,kemungkinan penyakit yang diderita akan semakin parah.

2. Kolesterol



Pola makan saat puasa hanya terdiri dari sahurdan berbuka. Pola seperti ini ternyata membuat penderita kolesterolmengkonsumsi makanan secara tidak teratur. Untuk mengantisipasi pola makan yangtidak teratur tersebut, ada baiknya penderita kolesterol banyak mengkonsumsibuah dan sayur saat sahur dan berbuka.

3. Maag



Umum diberitakan bahwa maag dapat terjadi saatsedang berpuasa. Padahal, jika ditilik lebih lanjut, puasa sebenarnya membantupenderita maag untuk mengkonsumsi makanan agar lebih teratur. Namun, jika maagyang diderita telah masuk kategori kronik, ada baiknya melakukan pemeriksaanlebih dahulu pada dokter agar tahu apakah kondisi memungkinkan berpuasa atautidak.


Follow On Twitter